Harga Biaya Ganti Hpl Dinding Kitchen set

Anda membutuhkan jasa ganti pasang hpl untuk mengubah penampilan furniture anda di rumah, kantor atau apartemen? Ganti pasang hpl kitchen set, ganti pasang hpl lemari pakaian, ganti pasang hpl meja kantor, ganti pasang hpl kusen pintu dan sebagainya? silahkan hubungi kami sebagai jasa tukang service furniture yang berpengalaman dan perusahaan yang bergerak dibidang furniture di Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang dan Bekasi?

Sebagai perusahaan jasa furniture kami melayani jasa service furniture yaitu:
1. Jasa Ganti Pasang HPL furniture lama seperti kitchen set, lemari pakaian, meja kantor, partisi kantor, backdrop tv dan sebagainya.
2. Jasa Service Furniture, yaitu pembetulan service furniture yang rusak untuk diperbaiki dan dibuat baru.
3. Jasa Pengecatan Furniture, yaitu jasa tukang cat melamin, cat duco dan plitur. Pengecatan ulang cat duco, melamin dan plitur untuk lemari pakaian, meja makan, meja kantor, lemari rak buku, lemari arsip dan sebagainya.

Sebelum melakukan service reparasi perbaikan mebel furniture kantor, dan ganti pasang hpl baru, maka kita perlu memetakan masalah atau mendetailkan masalah seputar mebel furniture kantor. Umumnya masalah yang muncul seputar mebel furniture kantor yaitu:

1. Kerusakan mebel furniture kantor. Kerusakan ini umumnya karena pemakaian yang sudah bertahun tahun, dimakan lembab atau air sehingga mebel furniture menjadi rusak dan tidak bisa digunakan secara maksimal.

2. Penggantian HPL. Hpl yaitu lapisan finishing yang umumnya banyak digunakan sebagai lapisan akhir dari sebuah furniture kantor selain cat dan sejenisnya. Hpl ini sering kali juga patah, rusak atau bahkan terkelupas lemnya sehingga furniturenya tidak bisa dipakai. Lapisan hpl ini sering kita jumpai pada meja kantor, meja resepsionis, meja meeting, meja direktur, rak lemari kantor dan sebagainya.

3. Kerusakan cat furniture kantor. Mebel furniture kantor sering kali banyak yang menggunakan cat sebagai bahan finishingnya. Seperti cat duco, cat plitur, cat melamin dan sebagainya. Namun karena usia, maka mebel furniture kantor menjadi kusam, catnya pun mulai pudar sehingga tidak indah lagi.

4. Masalah kunci dan handle. Sering kali juga mebel furniture kantor memiliki masalah seputar engsel, kunci dan handle lemari atau rak yang patah, rusak dan lainnya.

Untuk pemasangan hpl furniture lama maka ada tahapan pemasangan yaitu pembuangan hpl lama dan pemasangan hpl baru. Untuk hpl harus dibuang semua agar rapi dan harus dibersihkan dulu dari lem dan sejenisnya.

Finishing ini adalah jenis finishing kayu dengan sistem tempel. Finishing ini cukup sering saya pakai karena relatif cepat diaplikasikan dan pilihannya motifnya banyak.

Beberapa klien sering tanya:

1. Kuat gak? – Kuat selama pemakaian furniturenya normal-normal aja, gak dibanting atau dilempar.

2. Tahan air? – Dibanding decosheet yang juga sistem tempel, HPL lebih tahan karena lebih tebal dan bahan utamanya resin emang tahan air. Kalau kena percikan cairan sebaiknya segera di lap.

3. Harganya? – Variatif. Untuk satu merk HPL saja bisa berbeda-beda tergantung jenis. Antara 90 ribu sampe 600 ribu rupiah per lembar.

HPL dijual lembaran seperti ukuran tripleks 122 x 244 cm. Merk-nya macem-macem seperti Winston Best, TACO HPL, Grass Merino, dan banyak lagi.

Cara aplikasi HPL sebagai finishing sebenarnya susah-susah-susah, gampang. Proses memotong, mengelem, memasang, menghaluskan itu merupakan satu skill tersendiri. Ketelatenan tukang diperlukan disini.

Nah, saat menggunakan finishing HPL kita tidak boleh melupakan yang namanya Edging. Ini adalah pelengkap yang membuat finishing makin rapi. Edging biasanya dipakai pada pinggiran pintu, laci, top table, dll. Bahan edging adalah plastik seperti PVC.

Edging yang baik adalah yang motif dan warnanya mirip/persis dengan HPL yang digunakan. Ini supaya tidak muncul kesan belang. Tapi.. terkadang sebuah merk tidak mengeluarkan edging yang sama persis dengan HPL yang mereka produksi. Kalau sudah begini, kita biasanya menggunakan HPL yang dipotong tipis sebagai edging, atau tetap menggunakan edging yang dirasa semirip mungkin dengan warna HPL.

Ada beberapa cara pemasangan HPL dan edging yang menggunakan mesin khusus, karena biasanya digunakan untuk perusahaan mebel. Tapi, biasanya cara ini diterapkan pada para tukang mebel secara umum.

Berikut ini merupakan alat-alat yang diperlukan:

– Meja potong lengkap dengan mesin potong dan mata potong kayu dengan gigi yang halus.
– Peralatan standard tukang seperti sikuan, pensil, meteran dan scrap.
– Mesin router dan mata router
– Amplas

Bahan yang diperlukan juga ada beberapa, seperti:
1. Multiplex
2. HPL Laminate sesuai corak dan kebutuhan.
3. Edging yang sesuai corak dan kebutuhan
4. Lem kuning

Apa itu HPL Laminate?

Kita sering menengar mengenai hpl sebagai lapisan akhir sebuah furniture seperti kitchen set lemari dapur, lemari pakaian, meja kantor, dan sebagaiya. Namun apakah sebenarnya hpl itu? High Pressure Laminate (HPL) yaitu laminasi dengan tekanan tinggi yang merupakan salah satu bahan finishing umum digunakan dalam produk mebel dan permukaan interior. dalam pekerjaan pemasangan HPL bisa digunakan sebagai penutup permukaan untuk cabinet, meja, kitchen set, dekorasi interior, dll meningkatnya biaya dan kekurangan pasokan bahan kayu yang nyata, seiring dengan meningkatnya permintaan dari bahan yang ramah lingkungan telah membuat HPL sebagai salah satu yang paling populer finshing bahan untuk produk furniture dan dekorasi interior.
HPL ( High pressure Laminated ) adalah lapisan akhir atau finishing berbagai benda furniture berbahan dasar plastik yang tipis yang akhir – akhir ini menjadi sangat familier dan cukup menarik minat dunia furniture, terutama untuk furniture berbahan dasar multiplek yang mana biasanya finishing/pelapis terluar menggunakan bahan triplek corak ( jati, sungkai, mahoni, megateak , nyatoh ) kini secara perlahan dan pasti mulai ditinggalkan.

Perubahan treatment ini biasanya masih memerlukan treatment melamic/ duco yang mana dari segi biaya dan waktu sangat jauh perbedaannya, HPL lebih praktis, cepat dan lebih murah oleh karena itu dampak yang ditimbulkan berkurangnya omset penjualan bahan finishing yang diikuti meningkatnya pengangguran oleh pekerja finishing yang selama ini menggantungkan pekerjaan di sektor ini.

HPL memiliki bermacam ragam corak dan warna permukaan yang dapat kita gunakan, dan dari berbagai ragam tersebut yang paling banyak merupakan corak dan warna kayu berbagai jenis. Ada pula warna dan kesan metalik.

HPL memiliki kelebihan yaitu cukup anti gores dan anti air. Tidak seratus persen anti gores, namun memang material ini kuat berkat bahan utamanya yang merupakan plastik keras PVC dengan permukaan bertekstur. Material ini lebih kuat daripada material sheet yang biasanya digunakan untuk melapisi furniture murah yang dijual di toko-toko furniture biasa.

HPL memiliki kelebihan berupa pengerjaan yang lebih bersih daripada menggunakan cat duco atau sanding, karena material ini di lem pada multipleks. Bagi pengrajin meubel dan furniture multipleks, material ini memiliki keunggulan bersih dan cepat.

HPL itu terdiri dari 3 lapisan yaitu:
1. Overlay paper( lapisan anti goresnya)
2. Pattern paper(design atau motif)
3. Kraft paper ( seperti kertas untuk bungkus nasi)

Pada saat ini motif hpl sangat beraneka macam (biasanya ber motifkan serat kayu), dan yang baru saja dikembangkan dan masih jarang adalah motif batik. Disini yang digantikan dengan kain batik adalah pattern papernya. Prosesnya hampir sama dengan proses pengepresan HPL lainnya cuman berapa kali pencelupan dan apa kimia yang dipakai dirahasiakan.

Keunggulan HPL:
1. Warna dan motif furniture akan sama, tidak beresiko belang-belang seperti jika menggunakan finishing cat duco.
2. Memiliki banyaakkk sekali jenis, mulai dari motif kayu, warna solid, metalik, hingga motif seperti marmer dan granit.
3. Pemakaian HPL lebih cepat selesai dibanding dengan finishing spray.
4. Cocok untuk furniture dengan tampilan yang modern dan minimalis.
Kekurangan HPL:
1. Tampilan HPL tidak semewah Cat DucoDibanding Decosit,
2. HPL sedikit lebih mahal.
3. Bagian edging harus difinishing lagi.

Kini HPL banyak diminati oleh setiap Produsen Furniture maupun para konsumen furniture karena trend desainnya yang minimalis dan beragam. Saati ini banyak merk HPL yang tersedia di Indonesia, antara lain HPL Grasmerino, HPL Violam dan lain sebagainya. Sedangkan furniture yang menggunakan HPL memiliki kelebihan tersendiri, yaitu motif dan warnanya yang dijamin sama apabila satu tipe dengan ratusan motif pilihan lainnya. Selain itu furniture yang menggunakan bahan material HPL juga mudah di bersihkan , rapi dan mlebih kuat bila menghadapi benturan, goresan atau panas serta harganya yang terjangkau. Proses pembuatan HPL sendiri juga dibuat dengan teknologi canggih yang terdiri dari kraft paper, decorative paper, resin (solid penolic) dengan tekanan tinggi sehingga menghasilkan produk yang sesuai dengan standard kualitas tinggi.

Jenis Jenis HPL Laminate

HPL Memiliki banyak ragam jenis mulai dari warna solid, tekstur, logam, bebatuan dan urat kayu.Harga dan ketebalan juga sangat bervariasi. Ketebalan biasanya mulai dari 0.8 mm hingga 1.5 mm. Berikut macam jenis hpl :
1. HPL Wood Grain / Gradasi Kayu. Pilihan untuk motif gradasi kayu ini cocok bagi Anda yang ingin interior rumah terlihat harmonis dan hangat. HPL bercorak kayu ini sangat ragam warnanya, ada warna tua, terang dan pucat. Untuk tipenya hadir mulai dari dark ebony, zebra wood, ori zebrano dan canadian maple.
2. HPL Real Wood / Motif Kayu. Jika Anda ingin menghadirkan suasana alami dan natural seperi warna kayu, HPL juga memiliki tekstur dan motif kayu yang menarik. Motif ini biasanya lebih cocok untuk ditempelkan pada kitchen set, lemari, meja rias dan lainnya yang terkesan artistik. Untuk jenis real wood ini ada beberapa pilihan yang bisa Anda pilih seperti tiger eye, classic eye, cat eye dan bird eye.
3. HPL Solid Color / Warna. HPL juga memiliki warna-warna yang kuat dan berani. Ada yang tampil glossy ataupun matt/doff, yang keduanya tentu saja menarik untuk diaplikasikan. Pemilihan warna yang kuat akan membuat tampilan furnitur menjadi indah dan glamour. HPL jenis ini memiliki warna yang mencolok seperti apple red, apple green, orange, blue dan yellow.

Secara umum jenis HPL dibedakan menjadi dua macam, yaitu produk premium dan produk standart. Kedua jenis ini dibedakan berdasarkan kualitas dan motif yang digunakan. Jenis HPL premium merupakan jenis produk dengan kualitas yang paling baik.

Sedangkan produk standart memiliki kualitas dibawah premium. Motif dan warna HPL premium juga lebih banyak dan bagus dibanding HPL standart. Meskipun memiliki perbedaan jenis, pada umumnya HPL memiliki 3 lapisan yang sama, yaitu overlay paper, pattern paper, dan kraft paper. Pemilihan jenis ini juga harus disesuaikan dengan tempat. HPL premium merupakan jenis yang paling cocok digunakan untuk semua lokasi.

Harga HPL sendiri per lembar juga beragam. Untuk HPL premium berkisar ratusan ribu rupiah. Sedangkan untuk HPL standart harganya mulai jutaan rupiah. Anda bisa memilih jenis HPL dan harga sesuai selera dan kebutuhan Anda. Nah demikianlah sedikit ulasan mengenai jenis HPL dan harga yang cocok untuk semua lokasi.

HPL Laminate terbuat dari lapisan melamin resin dan juga phenolic yang direkatkan dengan suhu panas bertekanan tinggi, serta lapisan decorative paper yang diletakkan di bagian paling luar sebelum proses pressing. Tekanan yang digunakan dalam proses pengepresan sangatlah tinggi, yakni lebih dari 1.000 PSi yang mana PSi sendiri merupakan satuan yang menyatakan besar tekanan.

Apa yang dimaksud dengan melamin resin dan phenolic? Melamin resin dan phenolic adalah jenis bahan plastik termoset dan proses pengepresan dengan suhu tinggi yang dapat mengubah resin menjadi plastik sehingga tersusun menjadi lapisan-lapisan yang keras dan kuat. Proses ini menciptakan kekuatan serta ikatan yang tetap dan tidak dapat berubah sehingga berimbas pada daya tahan dari HPL Laminate itu sendiri.

Selain harga HPL laminate yang murah, lapisan yang satu ini juga memiliki tipe yang bervariasi, mulai dari glossy sampai dengan yang bertekstur seperti serat kayu. Untuk ukurannya pun memiliki dimensi 1220 mm x 2400 mm, sementara ketebalannya mulai 0,5 mm sampai dengan 2 mm. Sebagai salah satu distributor HPL Laminate di Indonesia, Taco juga memberikan pilihan kepada Anda untuk jenis, model, motif dan juga ketebalan HPL Laminate untuk digunakan sebagai finishing furniture hunian Anda.

Biaya Pemasangan HPL Kitchen Set Dapur

Umumnya hpl laminate hanya bisa ditempel pada medium kayu baik kayu olahan atau kayu solid. Dikarenakan hpl ditempel dengan lem khusus, maka hpl yang ditempel diluar medium kayu akan sulit merekat dan membuat hpl tidak mau terpasang dengan rapi. Medium kayu solid dan kayu olahan yang umum digunakan adalah multipleks, mdf board, teakblok dan sebagainya. Untuk pemasangan hpl dinding maka dinding harus dilapisi oleh kayu sebelum hpl ditempel agak daya rekatnya maskimal dan mampu merekat dengan hasil baik dan tahan lama.

HPL umumnya ditempel berberengan dengan edging. apa itu edging? Edging merupakan pelapis untuk bagian sisi media yang sulit dilapisi dengan HPL. Fungsi edging sangat fundamental karena tanpanya, pemasangan HPL tak akan pernah selesai dilakukan. Pasang edging sebagaimana Anda memasang HPL. Jangan lupa pilih yang secara visual menyerupai corak serta warna HPL.

Ini adalah pelengkap yang membuat finishing makin rapi. Edging biasanya dipakai pada pinggiran pintu, laci, top table, dll. Bahan edging adalah plastik seperti PVC.

Edging yang baik adalah yang motif dan warnanya mirip/persis dengan HPL yang digunakan. Ini supaya tidak muncul kesan belang. Tapi.. terkadang sebuah merk tidak mengeluarkan edging yang sama persis dengan HPL yang mereka produksi. Kalau sudah begini, kita biasanya menggunakan HPL yang dipotong tipis sebagai edging, atau tetap menggunakan edging yang dirasa semirip mungkin dengan warna HPL.

Untuk pemasangan dan penggantian hpl pada kitchen set lemari dapur, maka proses perhitungannya adalah dengan menghitung per meter lari dari total hpl yang akan diganti hplnya. Misalnya kitchen set sisi atas ukuran 4 meter dan kitchen set bawah panjang 4 meter, maka biaya pemasangan dan penggantian hpl dihitung dari total panjang atas dan panjang kitchen set bawahnya dikalihkan biaya per m1 ganti hpl. Misalnya harga pemasangan hpl sisi luar saja adalah Rp 650.000 per m1 dengan merk premium dikalihkan 8 meter, maka biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp 5.2 juta. Jika hendak mengganti hpl kitchen set sisi luar dalam maka harga per meter 1 adalah Rp 900.000 maka biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp 900.000 x 8 meter = Rp 7.2 juta. Biaya tersebut adalah biaya yg termasuk pembuangan hpl lama.

Jasa Pasang Ganti HPL Kitchen Set di Jakarta

Sebagai tukang profesional sejak tahun 1998, kami sudah terbiasa mengerjakan proses pemasangan dan penggantian hpl semua jenis furniture termasuk kitchen set lemari dapur. Untuk pasang ganti hpl kitchen set kami melayani jasa pasang ganti hpl di Jakarta Utara, jasa pasang ganti hpl di Jakarta Barat, jasa pasang ganti hpl di Jakarta Pusat, jasa pasang ganti hpl di Jakarta Timur, jasa pasang ganti hpl di Jakarta Selatan, jasa pasang ganti hpl di Depok, jasa pasang ganti hpl di BS Serpong Karawaci, jasa pasang ganti hpl di Tangerang, jasa pasang ganti hpl di Bogor, jasa pasang ganti hpl di Bekasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.