Jasa Pengecatan Duco Melamik Kusen Pintu Rumah dan Kantor

Sebelum melakukan pengecatan awal atau pengecatan ulang, maka tukang cat akan melakukan beberapa pekerjaan agar hasil pengecatan bisa maksimal. Pekerjaan yang dimaksudkan adalah pembersihan cat lama jika sudah dicat, pengamplasan, pekerjaan pendempulan yang retak atau bolong kecil kecil agar hasilnya rata dan rapi dan perapihan material furniture sebelum pekerjaan pengecatan dasar dikerjakan.

Untuk melakukan cat ulang maka kita perlu melakukan perbaikan atau reparasi sedikit terutama pada bagian bagian furniture yang sedikit rusak dengan dempul dan amplas agar lebih rata. Termasuk pada kusen pintu rumah, maka kita perlu lihat dulu apakah memang masih bisa diatasi dengan dempul atau tidak alias harus diganti dengan kusen pintu baru.

Untuk pengecatan kusen pintu baik dengan cat duco, melamik atau plitur, kita memberikan beberapa alternatif pilihan warna dan penambahan lain seperti anti gores dan lainnya. Umunya kusen pintu bisa dicat duco, melamik atau cat muda dengan serat kayu yang kelihatan atau plitur, yaitu cat yang murah menutupi urat kayu.

Untuk kusen dan daun pintu dengan cat melamik sendiri memiliki banyak varian warna yang umumnya berwarna coklat atau rada kehitaman. Sementara untuk varian warna cat duco memiliki lebih banyak variasi warna seperti putih, merah, abu abu, biru, unggu, pink, hitam dan sebagainya.

Untuk perhitungan biaya pengecatan kusen dan daun pintu, ada cara menghitungnya yaitu dengan ukuran satuan per meter lari (m1) dan per meter persegi (m2). Umunmnya kusen baik kusen pintu dan kusen jendela dihitung per meter lari. Misalnya tinggi kusen 210 cm dan lebar 95 cm, maka total panjangnya adalah 5.15 m1. Kemudian tinggal dikalikan dengan harga per meter lari tersebut. Misalnya Rp 110.000, Maka biaya pengecatan kusen daun pintu adalah Rp 566.500. Harga itu adalah harga untuk pengecatan kusen. Sementara untuk daun pintu hitungannya adalah per meter persegi. Misalnya ukuran daun pintu 80 cm dikali 200 cm dikali 2 sisi. Maka perhituganya adalah 3.2 m2. Bila biaya per m2 cat duco pintu adalah Rp 550.000, maka biaya pengecatan daun pintu 2 sisi adalah Rp 1.760.000,

Biaya pengecatan diatas berlaku untuk pekerjaan yang tidak memerlukan pengelupasan cat lama atau pekerjaan tambahan membuang cat lama atau service lainnya. Jika dari cat duco mau diganti dengan cat melamik tipe wallnut, misalnya, maka diperlukan pembuangan cat lama sehingga cat melamik bisa berhasil maksimal. Untuk pekerjaan ini akan dikenakan biaya yang dihitung kemudian.

 

Comments

  1. Selamat sore pak,

    Mau tanya pak…. utk kusen dan daun pintu jati yg selalu terpapar sinar matahari dan air hujan lebih baik di finishing duco atau melamik?

    Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.