Perhitungan dalam Membuat Kitchen Set Lemari Dapur

Anda berencana membuat kitchen set untuk dapur rumah? Ada beberapa hal yang harus Anda pahami sebelum mengambil keputusan, baik saat memilih material, tukang yang bertanggung jawab dalam pengerjaan hingga menentukan desain. Ini tujuh hal yang harus Anda perhatikan saat membuat kitchen set, seperti dilansir Mabeslor.

1. Perhitungkan Luas Dapur
Hal yang paling pertama harus Anda perhatikan adalah luas tempat di mana Anda akan meletakkan kitchen set. Dengan memperhitungkan luas dapur, Anda bisa mengetahui apa saja yang penting dan tidak erlalu penting untuk ada di kitchen set. Misalnya jika Anda tinggal di apartemen, space dapur biasanya tidak terlalu luas sehingga Anda harus menentukan skala prioritas. Untuk ruangan yang kecil, sebaiknya dahulukan kelengkapan utama seperti kabinet atas (untuk menyimpan piring, gelas, pisau, dan peralatan kecil lainnya), kabinet bawah (menaruh panci, penggorengan, dan alat masak besar lainnya), penghisap asap, kompor gas dan tempat pencuci piring. Pengukuran sangat penting, jangan sampai panci besar Anda tidak muat dalam kabinet karena salah mengukurnya.

2. Material Dasar
Ada banyak jenis bahan yang bisa digunakan sebagai material dasar pembuatan kitchen set, mulai dari multiplex/ plywood, MDF, particle board dan block board. Bahan yang disarankan biasanya multiplex atau plywood, karena selain tahan terhadap rayap, partikelnya juga lebih padat sehingga lebih tahan lama dan kuat untuk pemasangan sekrup. Anda juga bisa memakai kayu solid seperti jati atau meranti, tapi akan memakan biaya yang sangat mahal dan itu bisa menyulitkan jika budget Anda terbatas.

3. Material untuk Finishing
Selain membuat kitchen set jadi lebih indah, finishing juga juga dapat melindungi bahan dasar kitchen set dari kerusakan sehingga lebih tahan lama. Material untuk finishing ada berbagai macam, misalnya deco sheet, HPL, melamic dan duco. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya.

Deco sheet merupakan pelapis tempel dengan bahan elastis dan tipis, biasanya memiliki motif urat kayu. Ini merupakan material paling ideal untuk kitchen set dapur bersih yang jarang digunakan untuk memasak makanan berat. Bahannya fleksibel dan bisa menyesuaikan bentuk kitchen set dan tidak mudah terkelupas. Tapi karena bahannya tipis, decosheet tidak tahan terhadap panas dan minyak, jadi lebih cocok sebagai pelapis kabinet atas.

HPL atau high pressure laminate adalah bahan plastik tipis. Cara pemasangannya lebih kurang sama dengan deco sheet, yaitu direkatkan menggunakan lem tapi bahannya lebih tebal. HPL juga banyak digunakan untuk material finishing kitchen set, karena sangat mudah dibersihkan dan tahan terhadap minyak dan panas.

Melamic merupakan finishing berbentuk cairan yang disemprot sebagai pelapis luar furnitur. Jenis finishing ini memerlukan perawatan ekstra, jangan sampai permukaannya basah atau jarang dibersihkan karena bisa jadi tempat jamur berkembang biak. Pilihan lainnya adalah cat duco, merupakan tipe finishing yang paling mahal namun bisa membuat kitchen set tampak elegan dan hasilnya tahan lama. Cat duco hadir dalam bermacam efek seperti glossy atau doff.

4. Desain
Soal pemilihan desain, jangan tergoda untuk membuat kitchen set dengan desain yang unik atau terlalu rumit. Dalam menentukan desain, Anda harus tetap fokus pada kebutuhan akan kitchen set. Sekarang ini sangat banyak desain yang inovatif untuk kitchen set, tapi kadang desain tersebut tidak bisa mengakomodasi kebutuhan Anda. Maka dari itu, sebelum menentukan tampilan, pastikan dulu seberapa luas dapur Anda, peralatan yang akan dipakai, aktivitas apa saja yang akan Anda lakukan di dapur dan sebagainya. Penting juga untuk memikirkan kesesuaian desain kitchen set dengan keseluruhan tampilan rumah. Tentunya kurang cocok jika Anda membuat kitchen set berdesain minimalis modern pada rumah dengan gaya klasik atau victorian.

5. Penempatan Peralatan
Utamakan menempatkan peralatan yang penting saja jika kitchen set Anda tidak terlalu besar. Misalnya kompor gas dan kulkas. Sementara untuk dispenser atau microwave, bisa disesuaikan dengan besar-kecilnya kitchen set.

6. Pakai Jasa Ahli
Meskipun untuk kebutuhan rumah tangga, kitchen set merupakan salah satu properti yang bisa menambah keindahan rumah. Bahkan, bisa dibilang merupakan karya seni, jadi pilihlah penyedia jasa kitchen set yang cukup terampil dan memiliki ‘sense of art’. Pembuat kitchen set yang sudah berpengalaman bisa memberikan pendapat, pandangan dan masukan mengenai bentuk kitchen set yang paling tepat sekaligus menyesuaikannya dengan keinginan pelanggan. Anda pun bisa mendapatkan referensi terbaik untuk pembuatan kitchen set.

7. Cari Referensi
Pembuatan kitchen set melibatkan banyak keahlian, mulai dari perajin kayu, bangunan hingga teknisi listrik. Jadi, jasa kitchen set biasanya terdiri dari tim besar yang bekerja sesuai keahliannya masing-masing mulai dari membobok dinding dapur hingga memasang finishing. Jika Anda belum terlalu paham soal perkiraan biaya, pemilihan bahan dan teknik pembuatan, sebaiknya minta referensi dari teman atau kerabat dan pastikan pengerjaan kitchen set dilakukan oleh orang yang Anda percaya.

CARA MENGHITUNG TOTAL BIAYA PEMBUATAN KITCHEN SET.

Cara menghitung biaya pembuatan kitchen set secara umum dilihat dari segi :
– designnya,
– jenis bahan matrial dasarnya,
– jenis finishingnya ,
– dan besarnya kitchen set yg akan dibuat.
Setelah menentukan semuanya baru akan ketahuan patokan masing- masing harga per meter larinya, yang di maksud dengan meter lari ialah satuan panjang total bidang terluar kitchen setnya lalu di kurangi lebar kedalamannya.
Harga per meter lari sebuah design kitchen set hanya merupakan harga lemari kabinetnya dengan matrial pilihan dasar dan jenis finishing plus pasang. jadi tidak / belum termasuk dengan harga peralatan dan accessoriesnya seperti :
– Microwave ,
– Cookerhood,
– Kompor gas ,
– kulkas ,
– lampu,
– tabletop
– dan lain sebagainya.

Penghitungan biaya kitchen set / m lari :
1. Dengan matrial dasar multiplek, design minimalis, dan finising dengan tempel takon sheet / Decosheet adalah berkisar Rp. 1,2jt – 1,6jt / m lari.
2. Dengan matrial dasar multiplek , design minimalis , dan finising dgn cat melamik adalah berkisar Rp. 1,8jt – 2,5jt / m lari.
3. Dengan matrial dasar multiplek , design minimalis , dan finising dgn cat Duco adalah berkisar Rp. 2jt – 2,5jt / m lari.
4. Dengan matrial dasar multiplek , design minimalis , dan finising dgn HPL adalah berkisar Rp. 1,8jt – 3,5jt / m lari. (Karena bahan HPL harganya bervariasi dari 380rb s/d 1,5jt / lembarnya ).

Contoh Total hitungan kitchen set :

Contoh 1 :
Contoh gambar Dengan asumsi :
– Dapur sudah ada cor coran table top
– menggunakan finishing HPL dng biaya permeter lari Rp. 1,8 jt.
Bagian Atas : 2m + 1,6m = 3,6m
3,6m – 0,4m (lebar kabinet bagian atas) = 3,2m x Rp. 1,8jt = Rp. 5,76jt
Bagian bawah : 2m + 1,6m = 3,6m
3,6m – 0,6m (lebar kabinet bagian bawah) = 3m x Rp. 1,8jt = Rp. 5,4jt
5,4jt x 0,8 (angka pengali karena bagian bawah tidak full partisi dan sudah ada cor coran) = Rp. 4,32jt
Jadi total biaya pembuatan kitchen set dengan asumsi gambar contoh di atas adalah : Bagian atas + Bagian bawah = Rp. 5,76 + Rp. 4,32jt = Rp. 10.080.000,-
Contoh di atas bagian bawah kitchen set sudah ada semen + keramiknya ( tinggal bikin pintu saja untuk tutupnya ) kita bisa menghemat biaya table topnya, dan hitungan untuk kitchen bawahnya lebih murah berkisar Rp. 800rb s/d 1jt rupiah.

Contoh 2 :
Kondisi dapur kosong belum ada cor coran semen dan keramik.
Table top menggunakan granit alam star white.
Finishing menggunakan HPL dan bahan dasar teakblock 18mm dengan harga permeter lari Rp. 1,8jt.
Di sini kita akan mencoba menghitung kitchen set dengan asumsi ukuran contoh gambar di atas.
Bagian Atas : 2m + 1,6m = 3,6m
3,6m – 0,4m (lebar kabinet bagian atas) = 3,2m x Rp. 1,8jt = Rp. 5,76jt
Bagian bawah : 2m + 1,6m = 3,6m
3,6m – 0,6m (lebar kabinet bagian bawah) = 3m x Rp. 1,8jt = Rp. 5,4jt
table top granit alam star white Rp. 1,2jt permeter lari
2m + 1,6m = 3,6 m
3,6 m – 0,6 m (bagian pojok dinding) = Rp. 3m x Rp. 1,2jt = Rp. 3,6jt
Jadi total biaya pembuatan kitchen set dengan asumsi di atas adalah : Bagian atas + Bagian bawah + table top granit = Rp. 5,76 + Rp. 5,4jt + 3,6jt = Rp. 14.760.000,-
Harga granit setiap meter larinya berbeda beda tergantung jenis dan motifnya.
Mudah-mudahan tips nya bisa bermanfaat buat teman-teman pembaca yach…
Oh ya hampir lupa, mengenai biaya pembuatan berapapun harga permeter yang di tawarkan tidak menjadikan jaminan rapihnya sebuah pengerjaan kitchen set atau partisi lainnya, jadi mahal atau tidaknya itu sifatnya relatif.

Bahan & Material Kitchen Set

Ada banyak jenis bahan papan kayu yang bisa digunakan sebagai material dasar pembuatan kitchen set, mulai dari multiplex/ plywood, MDF, particle board dan block board. Di bawah ini adalah penjelasan dari tiap-tiap tipe papan kayu tersebut :

SOLID WOOD – Kayu Solid – Kayu Utuh
kayu solid menggunakan bahan baku kayu utuh, sehingga lebih kuat dan lebih kokoh daripada “kayu olahan”. Sebanding dengan kualitasnya, maka furniture dengan kayu solid harganya sangat mahal.
Jenis kayu yang banyak digunakan untuk furniture ini biasanya kayu jati, sungkai ataupun nyatoh. Kayu jati dipilih karena memiliki urat kayu yang cantik sehingga bagus untuk di expose atau ditonjolkan dan lebih tahan terhadap cuaca ataupun rayap. Namun harganya sangat mahal, sehingga sering digunakan untuk furniture berkelas atau furniture ekspor. Kayu sungkai sering digunakan sebagai pengganti kayu jati karena harganya lebih murah. Warnanya pun cenderung lebih terang daripada kayu jati. Selain kayu sungkai, kayu nyatoh kini juga popular digunakan sebagai pengganti kayu jati.
Untuk harga kayu solid, dihitung berdasarkan:
kubikasi/volume(m3) = (panjang [p] x lebar[l] x tebal[t])

PLYWOOD – Multipleks, Triplex
Kayu lapis merupakan hasil perekatan/press dari beberapa lembaran kayu/triplek/multiplek dengan tekanan tinggi. Kayu lapis memiliki beberapa jenis ketebalan. Ketebalan plywood menentukan kekuatan furniture tersebut. Kayu lapis yang terdiri dari tiga lembar kayu disebut tripleks. Sedangkan yang terdiri dari lebih dari tiga lembar kayu, disebut multipleks. Harga plywood sudah pasti lebih murah dari pada kayu solid.

Umumnya plywood digunakan untuk membuat lemari pakaian, kitchen set, meja, tempat tidur, ataupun rak buku. Ketebalan kayu lapis dipasaran bervariasi, mulai dari 3mm, 4mm, 9mm, dan 18mm dengan ukuran penampang standart yaitu 120cm x 240cm.

Untuk plywood yang memiliki beberapa motif, diantaranya adalah motif jati, sungkai, nyatoh, dll. Masing-masing motif mempunyai ciri khas dan warna tersendiri. Untuk fungsinya, Papan plywood kerap digunakan sebagai pelapis bagian atas lemari ataupun kitchen set.
Untuk Plywood yang polos atau tanpa motif, biasanya dilapisi dengan HPL, veneer PVC atau melaminto untuk memberikan motif/tekstur finishing pada permukaannya. Salah satu tipe playwood yang memiliki kelebihan anti air adalah Melaminto. Tipe ini pada penggunaannya biasa dipasang pada bagian dalam kitchen set atau furniture lainnya. Melaminto yang tersedia dipasaran saat ini telah memiliki beberapa pilihan warna.

TEAKBLOCK
Teakblock termasuk kelompok multipleks di mana lapisan terluarnya adalah kayu jati, namun di bagian dalam adalah kayu lunak. Teakblock hanya menonjolkan pola kayu pada lapiasan luarnya yang biasanya menggunakan lapisan kayu jati. Teakblock sering digunakan di industri mebel di indonesia.

Material ini tersusun oleh potongan kayu yang dibungkus kayu tipis. Harganya pun cukup terjangkau sehingga banyak menganjurkan untuk digunakan oleh kebanyakan pengrajin. Akan tetapi jika tidak hati-hati memilih, pada lapisan dalam teakblock dapat dijumpai rongga diantara potongan kayu sehingga akan melemahkan perkuatannya ketika dipasangi paku.

BLOCKBOARD
Balok-balok kayu berukuran 4cm-5cm dipadatkan menggunakan mesin, setelah itu diberi pelapis, sehingga hasil akhirnya berupa lembaran seperti papan kayu.
Blockboard terdiri dari 3 lapisan, yaitu lapisan pertama wajah (Face) yang berasal dari lembaran Plywood 0,5 ~ 2 mm. Lapisan kedua / inti berikutnya (Core) yang terbuat dari kayu hutan seperti kayu meranti atau kayu seperti kayu albasia yang sudah potong – potong, serta laminasi dan dibuat sedemikian rupa dengan ketebalan berkirar 10 ~ 14 mm. Dan lapisan ketiga /belakang (Kembali) terbuat dari lembaran Plywood 0,5 ~ 2,0 mm tebal.
Karena terbuat dari potongan – potongan kayu blockboard ketebalan sangat terbatas, biasanya paling tipis adalah dengan ketebalan 15 mm. Blockboard banyak di gunakan dalam pembuatan furnitur untuk di dalam ruangan

MDF/ ( Medium Density Fiberboard )
MDF terbuat dari serbuk-serbuk kayu halus yang dipadatkan dan di-press pada tekanan tinggi. Karena terbuat dari sisa-sisa kayu, maka harganya pun relatif lebih murah daripada jenis kayu yang dibahas diatas.

Kayu MDF merupakan material kayu olahan yang tidak tahan terhadap air dan kelembapan. Karena hal tersebut, untuk daerah-daerah yang memiliki kelembapan tinggi, kami menyarankan sebaiknya tidak menggunakan kayu MDF.
Pada proses finishing, biasanya MDF dikombinasikan dengan finishing kayu dengan lapisan veneer, HPL, pelapis kertas ( tacon, supercon,dll ), melamik ataupun duco. Keunggulan dari MDF adalah permukaannya yang halus dan tidak berpori membuat proses finishing jauh lebih praktis dibandingkan proses finishing pada jenis kayu lainnya. MDF sering digunakan untuk furniture mass-production dengan sistem knock-down untuk menekan biaya serta memudahkan pengiriman dan pemasangan.

PARTIKEL BOARD
Particle Board adalah papan kayu yang terbuat dari partikel-partikel sisa kayu yang direkatkan dan dipress dengan tekanan tinggi. Particle board mirip dengan MDF, namun bahan yang digunakan untuk particle board lebih kasar, sedangkan bahan yang digunakan untuk MDF lebih halus dan lebih padat. Seperti MDF, finishing particle board menggunakan veneer, PVC, HPL ataupun laminate lainnya.

Harga particle board paling murah dibandingkan jenis kayu lainnya, seperti : MDF, plywood ataupun solid wood. Kelemahannya particle board adalah air. Particle board yang terkena air sulit/tidak bisa digunakan lagi. Oleh karena itu, untuk furniture yang menggunakan particle board perlu memiliki finishing yang rapi dan baik, untuk mengurangi kemungkinan masuknya air melalui celah lapisan luar. Kekuatan particle board juga tidak terlalu baik sehingga tidak mampu menahan beban yang terlalu berat. Particle board juga sering digunakan untuk mass-production pabrik untuk menekan biaya, atau untuk furniture yang tidak rawan terkena air, seperti lemari dan lainnya.

Dari semua jenis kayu diatas, untuk menilai kualitas kayu ada 3 faktor penentu, yaitu :
1. Berat Jenis -> menentukan berat/ ringan bahan
2. Structural Strength -> menentukan kekuatan bahan dari segi struktur
3. Water Resistance Level -> menentukan ketahanan bahan terhadap air

FINISHING
Finishing pada kitchen set, dapat membuat kitchen set tampak lebih indah dan juga dapat melindungi bahan dasar kitchen set dari kerusakan, sehingga lebih tahan lama. Material ini akan menutup 100% seluruh permukaan kayu dan menyembunyikan tampak aslinya. Bentuk fisiknya dapat berupa cat dan lapisan (laminate) dalam bentuk lembaran atau rol.


CAT DUCO
Cat Duco merupakan tipe finishing yang paling mahal namun bisa membuat kitchen set tampak elegan dan hasilnya tahan lama. Dengan pilihan warna yang beragam, finishing cat duco lebih mengedepankan kekuatan dan kekokohan dari bahan itu sendiri. Untuk mendapatkan hasil maksimal, diperlukan waktu yang cukup untuk menyelesaikan pekerjaan dengan finishing duco ini. Bagi yang menyukai warna mengkilap bisa menggunakan glossy finishing, dan bagi yang sebaliknya bisa menggunakan doff ataupun semigloss.

Cat duco lebih banyak menggunakan methode penyemprotan(spray) dari pada kuas pada permukaan furniture. Berkat kemajuan teknologi, warnanya saat ini sangat bervariasi seperti dapat memberikan efek batuan, motif batu, marmer, motif pecah seribu maupun motif perak, tembaga, emas dan warna-warna menyolok lainnya. Cocok untuk furnitur bernuansa modern, minimalis dan juga furnitur anak.
Kekurangan finishing cat duco adalah harganya relatif mahal. Apabila sudah dicat, serat asli tidak bisa dikembalikan lagi dan masih sangat tergantung dengan cuaca di dalam proses pengeringannya. Serta cat duco tidak bisa mengalami pengecatan berulang karena akan merubah tingkatan gradasi warna.

HPL (high pressure laminate)
HPL atau high pressure laminate terbuat dari campuran Akrilik dan kayu. Lapisan luarnya menyerupai kayu dan mengandung serat-serat kayu, tapi bagian belakangnya akrilik. HPL biasanya berbentuk lembaran ukuran 120 cm x 240 cm dan tebal 3 mm. Variasi motif dan warna cukup banyak serta permukaannya bertekstur. Harga bervariasi tergantung merk dan motifnya. Warna polos relatif murah dan paling mahal warna silver.

Keunggulan HPL adalah mengandung unsur kayu, cocok bagi yang ingin menampilkan warna-warna alami kayu. Bahan ini kuat (karena cukup tebal) dan elastis sehingga bisa ditekuk untuk melapisi bagian tepi furniture. Kekurangannya adalah warna pada lapisannya dapat pudar setelah beberapa lama.

Cara pemasangannya yaitu direkatkan menggunakan lem. HPL juga banyak digunakan untuk material finishing kitchen set, karena sangat mudah dibersihkan dan tahan terhadap minyak dan panas

VENEER LAMINATE
Terbuat dari serat tipis kayu asli. Motifnya tergantung jenis kayu yang dipotong, yaitu antara lain motif jati, sungkai, nyatoh, kamper atau mahoni. Furniture yang diberi lapisan ini akan mirip kayu asli sehingga tampilannya terlihat benar-benar natural dan alami. Dijual dalam bentuk gulungan dengan lebar 10-20 cm dan harganya relatif mahal. Karena lapisan veneer tipis, maka lem dan aplikasinya harus bagus agar bisa tahan lama. (lebih baik menggunakan mesin press).
PVC (Poly Vinyl Carbonate)
Merupakan lapisan berbentuk lembaran seperti halnya HPL, yaitu juga sebagai pelapis buatan pabrik. Bahan ini lebih lentur dan terbuat dari plastik, sehingga mudah dalam pengaplikasian pada bahan dasar. Permukaannya lebih halus dibanding bahan dari plastik lain, seperti tacon dan decosheet. Berbentuk lembaran ukuran 120 cm x 240 cm dan tebal 3 mm. Pilihan warna dan coraknya juga cukup beragam tetapi terbatas hanya ada coklat dan warna turunannya. Ada yang polos dan juga bertekstur serta bermotif serat kayu. Harganya relatif murah. Kekurangannya adalah memiliki Tekstur yang licin sehingga tidak terkesan alami dan bahannya kurang ramah lingkungan.

DECOSHEET
Terbuat dari bahan plastik, lebih tipis dari tacon tetapi sangat fleksible dan dapat mengikuti bentuk kitchen set semisal lengkung dll. Bahan ini tidak mudah mengelupas. Namun karena jenis bahannya yang tipis, jika penggunaan tidak apik bahan ini mudah robek karena tidak tahan terhadap panas dan minyak.

Decosheet berbentuk gulungan dengan tinggi 120 cm, tebal kurang dari 1 mm, sedang panjangnya tidak terbatas. Mempunyai variasi motif cukup banyak dan harganya paling murang dibanding jenis laminate lainnya.

TACON – TACOSHEET
Sama seperti Decosheet, terbuat dari plastik. kekurangan dari pelapis ini adalah tidak tahan panas, warna yang mudah memudar dan berubah menjadi kekuningan sehingga mengurangi keindahan perabot kayu anda. Berbentuk gulungan dengan tinggi 120 cm, tebal kurang dari 1 mm, sedang panjangnya tidak terbatas. Variasi motif cukup banyak dan permukaannya bertekstur. Harganya per meter lari.

Mengenal Material Top Table Kitchen Set

Idealnya dalam sebuah rumah tidak hanya memiliki ruang tidur dan ruang tamu yang nyaman, tetapi juga harus memiliki dapur yang cantik dan bersih. Interior dapur atau yang juga biasa disebut kitchen set, sebaiknya disesuaikan dengan konsep desain yang diterapkan di ruangan dapur.

Salah satu poin paling penting dalam kitchen set adalah meja tempat persiapan memasak atau table top kitchen set. Meja ini berfungsi sebagai alas kerja saat melakukan persiapan memasak di dapur. Untuk mendapatkan table top yang baik dan berkualitas, Anda harus mengenal terlebih dahulu material-material apa saja yang lazim digunakan.

Solid Surface (granit sintetis), Granit, dan Marmer adalah jenis-jenis material yang digemari para desainer dalam mendesain table top. Ingin tahu perbedaan dari ketiga jenis material ini, simak ulasan berikut:
1. Solid surface.
Solid surface atau lebih sering disebut sebagai granit sintetis terbuat dari acrilyc polyesteresin, dan pigmen warna yang diproses sehingga menjadi keras. Kualitas solid surface sebagai material table top bisa dibilang yang paling bagus dibandingkan dengan granit dan marmer.
Kebalikan dari granit, solid surface bobotnya ringan dan memiliki beberapa keunggulan seperti tidak berpori sehingga kehigienisan area kitchen set dapat terjaga karena cairan tidak dapat terserap ke dalamnya, keunggulan lainya adalah material ini juga mudah ditekuk atau dibentuk sesuai dengan hasil yang diinginkan sehingga hasil tampilan akhir bentuk kitchen set menjadi mulus dan apabila ada sambungan dalam table top maka sambungan tak akan terlihat. salah satu produsen solid surface yang dikenal menjual solid surface berkualitas tinggi dengan harga murah adalah HIasan GRAha DEwa

2. Granit.
Granit adalah Material yang berasal dari batu alam. Kekuatan granit sangat tinggi dibandingkan dengan solid surface dan marmer. Bahannya keras, tahan panas dan mudah dibersihkan. Namun demikian, granit masih memiliki pori-pori yang dapat menjadi tempat tumbuh kembang kuman dan bakteri. Hal ini disebabkan karena kotoran dari sisa makanan yang meresap dan mengendap di dalam pori-pori granit tersebut. Akibatnya table top pada kitchen set pun dapat tercemar bakteri. Bentuk granit yang kaku dan tidak bisa ditekuk atau dibengkokkan juga menjadi salah satu kelemahan lainnya karena jika disambung akan terlihat jelas garis sambungannya. Jenis granit sangat beragam, diantaranya granit california yellow, star white, crystal pink, black gold, polycrom, nero absolut dan masih banyak lagi lainnya.

3.Marmer
Marmer Sama seperti granit yaitu berasal dari batu alam. Namun kualitasnya jauh di bawah solid surface dan granit . Selain memiliki pori pori yang bisa menyerap serpihan makanan masuk kedalamnya , jika terkena air dan lembab juga akan mudah berjamur sehingga dapat mengurangi kehigienisan area ruangan kitchen set. Meskipun demikian, jika anda rajin dalam membersihkan dan merawatnya , material ini dapat dipertimbangkan karena harganya yang paling murah dibandingkan solid surface dan granit.

Sekarang anda sudah bisa membedakannya bukan? Silahkan pilih material kitchen set yang sesuai dengan selera Anda dan memasaklah dengan nyaman.

Membuat kitchen set minimalis

Dapur adalah salah satu bagian rumah yang penting bagi rumah tangga. Jika kita membuat dapur dengan desain sendiri, hasrat untuk memasak akan lebih besar. Untuk membuat sebuah kitchen set minimalis dan fungsional, kita perlu memperhitungkan beberapa aspek. Termasuk bahan baku, material, tenaga , desain dan lainnya. Apa saja hal yang harus di persiapkan untuk membuat sebuah kitchen set minimalis dan fungsional, berikut ini ulasannya.

1. Bahan
Ada beberapa bahan yang dapat digunakan sebagai bahan dasar kitchen set minimalis, mulai dari multipleks/plywood, particle board, MDF dan blockboard. Pastikan bahan dasar yang digunakan untuk kitchen set anda adalah multipleks/plywood. karena bahan ini kualitasnya jauh lebih baik dari bahan lain seperti particle board,MDF atau blockboard. Dan umumnya bahan multipleks / plywood ini paling banyak digunakan untuk kitchen set minimalis.

alternative lain bisa menggunakan kayu solid seperti jati atau meranti, namun cost yang anda keluarkan akan jauh lebih mahal dari pada menggunakan bahan yang umum untuk kitchen set seperti multipleks/plywood. Tetapi sebanding dengan kualitasnya yang lebih kuat dan lebih bagus dari multipleks atau plywood.

2. Bahan Finishing
Finishing adalah salah satu tahap penting dalam desain interior. Karena Finishing mencerminkan bentuk akhir dari kitchen set minimalis yang kita inginkan. Bahan finishing ini sangat penting untuk anda pahami, karena sebagian besar kitchen set harga dipengaruhi oleh penggunakan jenis finishingnya. Ada beberapa macam jenis finishing antara lain : decosheet, HPL, Melamin, Duco. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Untuk decosheet, lapisan ini bagus untuk kitchen set dapur bersih atau kitchen set yang tidak terlalu sering digunakan untuk memasak berat. bahan yang tipis sangat flexibel dan dapat mengikuti bentuk kitchen set semisal lengkung dll. bahan ini tidak mudah mengelupas, namun karena jenis bahannya yang tipis, jika penggunaan tidak apik bahan ini mudah robek karena tidak tahan terhadap panas dan minyak, jenis finishing decosheet ini lebih cocok untuk digunakan pada kabinet atas atau pada lemari pakaian dll. Harga untuk jenis finishing decosheet relatif lebih murah dibanding bahan finishing lainnya.

Sedangkan untuk HPL, bahan ini paling banyak digunakan untuk kitchen set karena selain pilihan motif yang beragam, bahan ini sangat mudah dibersihkan serta tahan terhadap minyak dan panas. harga lebih mahal dari decohseet, bahan juga lebih tebal.

Untuk melamin, finshing ini adalah finishing semprot, hampir sama dengan cat duco namun melamic ini menampakkan tektur dasar bermotif kayu, baik sungkai atau taekwood, tergantung keinginan anda. jenis finishing melamin ini butuh perawatan ekstra, Jika melamin ini dibiarkan terlalu lama terkena air, dan jarang di bersihkan, maka furniture akan lebih mudah terserang jamur.

Yang terakhir adalah cat duco, finishing ini adalah jenis finishing yang paling mahal dibanding jenis finishing lainnya. Anda bisa memilih warna sesuai keinginan anda baik glossy atau Doff, finishing ini sangat tahan lama, dengan finishing cat duco, kitchen set anda akan tampak elegan.

3. Desain
Untuk desain, jangan tergiur dengan bentuk desain kitchen set minimalis yang unik, anda harus tetap fokus pada kebutuhan anda terhadap kitchen set tersebut. Jika menuruti desain tidak aka nada habisnya. Banyak inovasi desain untuk kitchen set namun terkadang desain tersebut tidak dapat mengakomodir kebutuhan anda. Sebelum membuat desain, pastikan dahulu berapa luas dapur anda, alat apa saja yang akan anda gunakan. aktifitas apa saja yang akan dilakukan di dapur anda.
Hal ini penting, agar anda bisa memaksimalkan fungsi dari kehadiran kitchen set di dapur anda. Jadi meskipun konsepnya kitchen set minimalis, tapi fungsinya lebih maksimal.

4. Penggunaan peralatan
Dalam membuat kitchen set minimalis, Penggunaan peralatan perlu anda pertimbangkan sejak awal, semisal penggunaan kompor, jangan membeli kompor yang terlalu besar jika anda tidak terlalu membutuhkannya, karena hal tersebut akan mengurangi area lainnya. pengunaan exhaust hendaknya disesuaikan dengan kompor yang anda miliki. Dan usahakan untuk tidak menggunakan terlalu banyak peralatan karena akan mempersempit ruang gerak dapur. Pilih peralatan sesuai kebutuhan.

5. Penentuan laci atau pintu kitchen set
Saat merancang kitchen set minimalis kita juga harus memperhitungkan penggunaan peralatan atau perabot yang anda miliki, kalkulasikan apa saja yang anda gunakan, dan sampaikan kepada penyedia jasa pembuatan kitchen set yang anda percaya untuk menyesuaikan pintu atau laci agar dapat menampung semua peralatan sesuai dengan kebutuhan dan tempatnya.

Jasa Pembuatan Furniture Di Depok

Anda sedang mencari jasa pembuatan furniture di Depok, tukang bikin rak furniture sepatu di Depok, jasa bikin furniture lemari baju di Depok, biaya pembuatan furniture di Depok, harga furniture lemari pakaian per meter di Depok dan sekitarnya? kami adalah perusahaan jasa interior furniture yang sudah berpengalaman membuat furniture lemari pakaian, furniture rak sepatu, furniture lemari tas, furniture lemari rak pajangan, furniture rak buku, furniture lemari dokumen dan sebagainya.

Sebagai jasa pembuatan furniture di Depok kami melayani jasa pembuatan furniture yaitu:
1. Jasa pembuatan furniture lemari pakaian
2. Jasa pembuatan furniture rak sepatu dan tas
3. Jasa pembuatan furniture lemari pajangan
4. Jasa pembuatan rak furniture rak buku
5. Jasa pembuatan tempat tidur
6. Jasa pembuatan furniture kitchen set
7. Jasa pembuatan backdrop TV
8. Jasa pembuatan partisi ruangan
9. Jasa pembuatan furniture bawah tangga
10. Jasa pembuatan furniture kayu lainnya.

Untuk membuat furniture umumnya bahan yang digunakan adalah bahan kayu solid dan kayu olahan. Kayu solid adalah istilah yang paling sering digunakan untuk membedakan antara kayu biasa dan kayu buatan, tetapi juga mengacu pada struktur yang tidak memiliki ruang berongga. Pembuatan produk kayu diproduksi oleh mengikat bersama-sama alur kayu, serat, atau veneer dengan perekat untuk membentuk suatu material komposit. Kayu dirancang termasuk kayu lapis, papan oriented strand (OSB) dan papan serat. Fakta bahwa produk yang dibuat dari kayu solid seringkali disebut-sebut dalam iklan. Namun, dengan menggunakan kayu solid memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kayu solid hanya terdiri dari bahan dasar kayu tanpa dicampur atau di kombinasi dengan bentuk bahan lain atau biasa disebut kayu campuran. Walaupun pada pengerjaannya kita menggunakan sambungan laminasi, finger joint atau konstruksi yang lain untuk papan atas meja misalnya, bahan tersebut masih disebut sebagai kayu solid.
Jenis-jenis dari kayu solid, yaitu ada kayu jati, sungkai, mahoni, kamper dan lain sebagainya. Namun, apa sih yang membedakan dari jenis-jenis tersebut?? Kalau untuk kayu Jati, merupakan kayu yang paling banyak peminatnya, dari segi kualitas juga kayu yang paling bagus. Serat dan tekstur dari kayu jati inilah yang banyak disenangi oleh banyak orang. Furniture yang dibuat dengan bahan Jati, cenderung lebih kuat, awet dan mewah.

Selain bahan material kayu solid maka furniture pakaian juga dapat dibuat dari bahan kayu olahan. Apakah kayu olahan itu?

Kayu olahan atau yang sering disebut engineering wood adalah produk material berbahan dasar kayu yang sebelumnya telah melalui proses pengolahan di pabrik. Pengolahan itu menghasilkan produk akhir dengan desain, bentuk, sifat, dan kekuatan struktural sesuai kebutuhan dan keinginan. Mengingat banyak unsur dalam bangunan yang dapat dibuat dari kayu – seperti dicontohkan di atas – tidak mengherankan jika produk kayu olahan ini lantas muncul dalam jenis yang sangat beragam dengan berbagai karakteristik berlainan. Masing-masing kayu olahan tersebut mempunyai keistimewaan tersendiri yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, desain, dan tentu saja dana yang dimiliki. Untuk lantai, kayu olahan yang lebih dikenal dengan istilah parket juga cukup bervariasi. Ada parket berlapis vinir (lembaran kayu tipis), ada pula parket laminate yang lebih ekonomis.

Proses pembuatan dari pohon menjadi kayu olahan terbilang sangat efisien dengan memanfaatkan hampir seluruh bagian dari pohon menjadi kayu. Segala bagian dari pohon seperti kulit kayu, sisa potongan serbuk kayu, batang, ranting dsb dapat di proses menjadi jenis kayu hasil olahan . Berbeda dengan material kayu solid yang hanya didapatkan dari batang pohon saja. Hal ini yang menyebabkan kayu lebih murah dan ekonomis sebagai bahan alternatif pembuatan furniture untuk interior rumah seperti wardrobe, kitchen set, kursi makan dan lain sebagainya.

Ada berapa jenis dari kayu yang diolah tersebut? Ada beberapa jenis kayu olahan, seperti particle board, MDF, Black Board dan plywood. Dalam membuat aneka jenis furniture umumnya banyak orang yang menggunakan plywood sebagai bahan dasarnya.

Plywood. Plywood sendiri merupakan jenis kayu yang cukup kuat ketahanannya, sehingga apabila digunakan untuk bahan dasar waktunya bisa sampai lama. Plywood juga merupakan kayu dengan olahan yang paling baik kualitasnya. Kayu lapis, kayu yang juga dikenal dengan sebutan polywood atau tripleks ini merupakan kayu olahan dari beberapa lembaran kayu yang direkatkan dengan tekanan tinggi. Ketebalan kayu lapis ini tentu saja sangat mempengaruhi kekuatan kayu. Intinya, semakin tebal kayu lapis maka semakin kuat kayu tersebut. Untuk ketabalan kayunya, biasanya yang ada di pasaran adalah kayu dengan ketebalan 3 mm, 4 mm, 9 mm dan 18 mm dan luasan 244 x 122 cm. Plywood atau Multiplek merupakan jenis kayu lapis yang memiliki lebih dari 3 lapis vinir. Arah serat antara lapisan bawah dan atas harus searah. Ukuran ketebalan multipleknya beragam mulai dari 9, 12, 15, 18, hingga 24 milimeter. Bahan multiplek mudah dibentuk menjadi beragam model dan memiliki tingkat reduksi yang cukup bagus tetapi tidak terlalu tahan terhadap air dan kelembapan.

MDF Board. MDF terbuat dari campuran bubur kayu dengan bahan kimia tertentu. MDF mempunyai tingkat ketebalan 8, 12, 16 ,22, hingga 30 milimeter. Irisan kayu lapis (vinir) atau pelapis kertas biasanya digunakan untuk finishing yang tersedia dalam beragam warna dan tekstur.

Kelebihan dari bahan ini adalah tahan gores, warna tidak cepat pudar, ukuran dan presisisnya lebih stabil. Sedangkan kelemahannya adalah tidak tahan air atau kelembapan. Sedangkan Medium Density Fiberboard atau yang lebih dikenal dengan MDF merupakan serbuk kayu yang proses pembuatannya dicampur dengan resin kimia setelah itu dipadatkan. MDF ini memiliki kelebihan yaitu dalam proses pembuatan furniture atau lainnya, jenis kayu ini cenderung lebih mudah untuk dibentuk, kekuatannya pun stabil, MDF juga bisa diterapkan system finishing seperti HPL, melamix, PVC dan system finishing lainnya.

Blockboard. Jenis kayu ini merupakan potongan kayu kotak kecil-kecil yang kemudian dipadatkan menggunakan mesin dan diberi pelapis venner di kedua sisinya sehingga menjadi sebuah lembaran menyerupai papan. Ketebalannya sendiri bisa mencapai 12 mm, 15 mm hingga 18 mm dan luasannya sama dengan multipleks. Blockboard biasanya dibuat dari jenis kayu yang lunak sehingga tidak sekuat plywood. Biasanya para pengrajin furniture menggunakan kayu ini untuk membuat rak, cabinet ataupun kitchen set. Black Board merupakan potongan kayu-kayu dengan ukuran 2-5 cm yang dipadatkan dengan mesin. Dibandingkan dengan kayu yang lain, Black Board termasuk baik kualitasnya dan menjadi kayu hasil olahan tertinggi kedua setelah plywood. Ketebalan Black Board sekitar 12 – 18mm dengan lebar yang sama dengan plywood. Umumnya diluaran sana ada dua black board yang umum diketahui banyak orang yang itu jenis sungkai block dan teak block. Bedanya apa?? bedanya kalau sungkai block lapisan terluar dari kayu sungkai sedangkan teak block merupakan lapisan terluar dari irisan kayu jati.

Particle Board. Particle board adalah kayu olahan yang terbentuk dari serbuk kayu yang dicampur dengan bahan kimia khusus. Setelah itu, campuran disatukan dengan lem, baru kemudian dikeringkan. Keuntungan menggunapak papan particle adalah ukuran penyusutan pada bagian lebar-panjangnya relative kecil meski bagian ketebalannya sangan peka terhadap kepembapan. Walaupun sering digunakan sebagai bahan dasar furniture, sebenernya kayu ini tergolong tidak tahan lama. Dalam kurun waktu tertentu, particle bisa berubah bentuk, terutama jika terkena air, menopang beban yang amat berat, maupun sering dipindah pindah. Ya, particle board biasanya terbuat dari partikel sisa pekerjaan kayu seperti serbuk gergaji, potongan kayu, serpihan kayu yang kemudian direkatkan menggunakan bahan kimia. Proses pembuatannya serupa dengan kayu fiber lainnya. Hanya saja bahan particle board lebih kasar dan tidak beraturan. kalau menggunakan kayu jenis ini, baiknya Anda jauhkan dari jangkauan air, karena kayu ini akan mudah lapuk jika terkena air.

Jenis Desain Furniture di Depok

Furniture kayu ternyata memiliki banyak jenis dan macam termasuk furniture lemari pakaian custom itu sendiri. Umumnya kita mengenal furniture lemari pakaian dari kategori furniture pakaian tradisional, minimalis dan modern. Yang membedakan adalah nuansa tipe, pemakaian bahan material, dan jenis ornamen yang ada. Namun dari sisi lain seperti dari sisi model pintu kita bisa membedakan furniture pakaian dengan model pintu swing dan model pintu geser atau sliding. Dari sisi tampilan kita bisa membedakan jenis furniture pakaian dari model minimalis, model mewah dan model ukiran. Selanjutanya dari bahan material kita bisa membedakan furniture pakaian dari bahan material kayu solid, furniture pakain dari bahan material kayu olahan dan bahan material lainnya.

Bagaimana mendesain furniture pakaian custom sesuai keinginan klien? Sebelum melakukan proses desain furniture pakaian tentu kita harus tahu faktor faktor apa saja yang perlu diketahui ? Ada beberapa hal penting untuk memndesain furniture pakaian custom:

1. Penentuan volume, yaitu seberapa luas furniture lemari pakaian akan dibuat baik dari sisi panjang, lebar dan tinggi. Sehingga desain bisa dibuat menyesuaikan dengan kondisi real di lapangan. penentuan volume ini juga termasuk ukuran detail tiap tiap laci rak atau ambalan atau juga tiap tiap ruangan dalam furniture itu sendiri harus dibuat detail ukuran pastinya.
2. Jenis Bahan Material. Bahan material apa yang akan kita buat dari furniture ini? apakah bahan kayu solid atau kayu olahan? jenis kayu solid apa yang mau? apakah kayu jati, sonokeling, sungkai dan lainya? ataukah bahan plywood, mdf board, particle board?
3. Custom Dalaman, yaitu bagaimana bentuk dalam furniture yang diinginkan, jika untuk furniture lemari pakaian umumnya peletakan pakaian dilakukan dengan 2 cara yaitu digantung dan ditaruh. Jika kita membuat furniture pakaian dengan model gantung maka kita singkirkan ambalan untuk pakaian yang ditaruh dan kita buat furniture pakaian gantung. Sebaliknya juga begitu.
4. Bentuk Tampilan Luar. Bentuk tampilan luar perlu didetailkan kembali sehingga apakah menggunakan ornament, atau model minimalis saja, ada juga furniture lemari pakaian yang menghendaki daun sisi pintu menggunakan kaca cermin sebagai tampilan luarnya, atau ada juga yang menggunakan kaca transparan agar kelihatan sisi dalamnya. Intinya model harus dietailkan sebelum proses desain dikerjakan.
5. Jenis Finishing, yaitu pada umumnya finishing furniture ada 2 cara yaitu dengan cat dan hpl atau taco. Maka finishing yang digunakan perlu dietailkan secara lebih detail. Jika menggunakan cat apakah furniture dengan finishing cat duco, cat melamik atau plitur? Jika menggunakan finishing hpl atau taco, jenis hpl dan taco mana yang dipilih.
Kelima hal diatas jika kita sudah mendapatkan datanya maka akan mudah bagi desainer untuk mendesain furniture pakaian sesuai custom keinginan konsumen. Maka dalam membuat furniture custom ini, sangat ditentukan oleh faktor diatas. Bentuk, ukuran, tampilan juga pasti akan berbeda beda dari furniture pakaian yang biasa beredar di pasaran.
Jasa Pembuatan Furniture HPL di Depok

HPL merupakan bahan material finishing digunakan sebagai lapisan paling atas (paling depan) untuk interior dan furniture. HPL terdiri dari tiga lapisan yaitu overlay paper (lapisan anti goresnya), pattern paper (design atau motif), dan kraft paper yang diresapi dengan resin, kemudian dipress dengan tekanan dan suhu tinggi sehingga membentuk lembaran laminasi. HPL sering digunakan sebagai bahan finishing daun pintu, furniture , meja, kitchen set, panel dinding, dan lain-lain. Bentuk permukaan terdiri dari semigloss, doff, glossy, dan berserat kayu atau motif timbul.

HPL memiliki kelebihan yaitu cukup anti gores dan anti air. Tidak seratus persen anti gores, namun memang material ini kuat berkat bahan utamanya yang merupakan plastik keras PVC dengan permukaan bertekstur. Material ini lebih kuat daripada material sheet yang biasanya digunakan untuk melapisi furniture murah yang dijual di toko-toko furniture biasa. Oleh karena itu HPL memiliki ketahanan lebih baik terhadap panas dan goresan. Selain itu HPL memiliki banyak sekali jenis mulai dari motif kayu, warna solid, metalik, hingga motif seperti marmer dan granit sehingga memiliki banyak pilihan untuk furniture dengan tampilan yang modern dan minimalis. Pemakaian HPL lebih cepat selesai dibanding dengan finishing spray. Perawatannya juga cukup mudah cukup gunakan air bersih dan kain lap untuk membersihkannya.

HPL ini juga memiliki kelemahan yaitu jika proses memotong HPL tidak sempurna maka hasil finishing HPL akan terlihat tidak rapi, terutama pada bagian pinggir / ujungnya karena bagian edging atau pinggirnya harus difinishing kembali. HPL bersifat getas dan mudah patah, sehingga agak susah dibengkokan untuk bidang melengkung.
Untuk jasa pembuatan furniture di Depok kami melayani jasa pembuatan furniture pakaian hpl di Depok, jasa pembuatan furniture bawah tangga hpl di Depok, tukang bikin furniture pajangan hpl di Depok, biaya pembuatan furniture hpl Depok dan sekitarnya.

Biaya Pembuatan kitchen set di Depok

Bagaimana menghitung biaya pembuatan kitchen set di Depok? Cara menghitung biaya pembuatan kitchen set Depok pada prinsipnya sama dengan cara perhitungan pembuatan furniture pada umumnya, yaitu harga per meter persegi ruangan furniture nya. Umumnya furniture lemari pakaian menggunakan dimensi ukuran volume meter persegi, yaitu ukuran panjang dan tinggi lemari pakaian dengan catatan kedalam furniture pakaian kurang dari 60 cm. Maka jika membuat lemari pakaian custom lapis hpl dengan ukuran panjang 3 m dan tinggi 3 m maka kita bisa mendapatkan volume ruangan yaitu panjang 3 m x tinggi 3 m yaitu 9 m2. Sesudah mendapatkan volume maka kita tinggal memberikan harga per meter persegi lemari pakaian tersebut. Maka didapatkan harga total furniture . Namun perlu diingat, bahwa ukuran harga per meter persegi tersebut memiliki spek material khusus, yaitu bahan material yang ditawarkan oleh tukang bikin furniture. Misalnya dengan spek tripleks 18 mm dengan finishing hpl merk hpl taco dengan harga per m2 adalah Rp 2 juta. Namun jika spek yang ditawarkan lebih tinggi lagi, misalnya engan bahan tripleks 18 mm meranti dan finishing cat duco, maka biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih tinggi, karena biaya pengecatan duco umumnya cukup mahal.

Namun pada prinsipnya biaya pembuatan furniture custom dipengaruhi oleh faktor sebagai berikut, yaitu bahan material yang digunakan, jenis finishing apakah dengan hpl, atau cat duco melamik, aksesoris yang digunakan apakah menggunakan aksesoris furniture pakaian yang mahal, standard atau murah dan lainnya. Maka faktor faktor tersebut mempengaruhi biaya pembuatan furniture pakaian secara keseluruhan. Untuk melihat apakah suatau furniture pakaian itu murah atau tidak maka dilihat dari spek bahan yang digunakan diatas. Tentu kita harus faham mengenai spek bahan material tersebut sehingga dapat membandingkannya dengan fair. Tentu membandingkan suatu produk harus dengan prinsip aple to aple sehingga bisa ketahuan mana yang lebih murah. Seperti juga semua bahan material memiliki spesifikasi tertentu dan tidak semuanya dibandingkan setara.

Maka kita bisa tahu bahwa ada jasa tukang bikin furniture hpl yang memberikan harga murah, ada yang memberikan harga pasaran dan ada yang memberikan harga tinggi disebabkan karena perbedaan bahan material yang digunakan menentukan hasil akhirnya. Kualitasnya dari bahan plywood dan jenis hpl saja bisa menentukan perbedaan cukup tinggi.
Bagi anda yang membutuhkan jasa pembuatan kitchen set di Depok, jasa bikin furniture wardrobe di Depok, buat furniture lemari baju murah di Depok,bikin kitchen set di depok silahkan hubungi kami. Dengan senang hati kami membantu anda. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.